OKK STIKOM Surabaya

Rabu, 05 Agustus 2009

Model Pesawat Jaman Dulu , Terlihat Sudah Modern

Penerbangan merupakan hal yang sangat di mimpi-mimpikan manusia sejak dulu, karena mereka berfikir bagaimana rasanya bisa terbang bebas seperti layaknya burung.Nah akhirnya pada tahun 1780an dua orang perancis telah berhasil membuat balon udara dan menerbangkannya di Paris.

Pada abad ke-13 Leorando Da vinci telah berhasil merancang pesawat bersayap sejenis Helikopter, Namun Wright brothers mereka berhasil membuat pesawat dan menerbangkannya di Kitty Hawk pada 1903 inilah awal dimana penerbangan menjadi kenyataan. Tapi gimana sich model-model pesawat dulu ???

Objek ini (ditunjukkan dalam sketsa) telah ditemukan pada 1898 dalam sebuah makam di Saqquara, Mesir dan diperkirakan sudah ada sejak 200 SM. Seperti diketahui pesawat-pesawat itu di hari-hari dimana ia ditemukan, ia dilemparkan ke dalam kotak yang bertanda "burung kayu model" dan kemudian disimpan di basement museum di Kairo.

Dalam konteks itu, tampaknya bukan seseorang yang luar biasa, lebih dari 2000 tahun yang lalu, dengan alasan apapun, dibuat sebuah model yang berada perangkat dengan fitur-fitur canggih seperti itu, memerlukan pengetahuan yang cukup luas tentang aerodinamis.

Tidak ada hal-hal seperti di pesawat-pesawat kali ini, kami diberitahu oleh arkeolog dan sejarawan. Tetapi hal ini tampaknya merupakan pengecualian, yang tinggal di tengah-tengah dan agak kaku, tanpa fantasi paradigma sains kontemporer. Hal ini juga perlu untuk menunjukkan bahwa Mesir diketahui memiliki hampir semua dibuat model skala-proyek dan objek yang mereka berencana untuk buat atau membangun.


Precolombian Airplane Models

Pernak-pernik emas yang ditemukan di sebuah kawasan Amerika Tengah yang meliputi wilayah pesisir dan Amerika Selatan, diperkirakan berasal dari masa antara 500 dan 800 TM, tapi karena terbuat dari emas, mustahil untuk akurat dan berbasis pada dasarnya stratigraphy yang mungkin tipuan . Namun, para ahli dapat dengan yakin mengatakan bahwa emas ini benda lebih dari 1000 tahun.

Seperti yang terlihat dari gambar, bentuk sampel obyek agak "ambiguitas". Arkeolog mengecap objek ini sebagai zoomorphic, yang berarti, hewan berbentuk benda. Pertanyaannya adalah, apa yang mereka lakukan mewakili hewan? Saat ini kita bandingkan dengan objek yang sama dari budaya depicting binatang, yang sulit dimengerti segi perbandingan akan jelas: obyek yang lain yang dikenal, biasanya diberikan dengan akurasi yang besar dan perhatian detail realistis.

Ada beberapa jenis binatang yang terbang, burung, serangga, dan beberapa mamalia, seperti kelelawar dan beberapa gliders, misalnya "flying squirrels", oppossums, kemudian ada beberapa kadal, ada juga beberapa ikan yang singkat untuk periode luncuran melalui udara.

Ada hewan air yang tampaknya terbang melalui air, seperti sinar, dan beberapa selachians skates. Tetapi bagaimana objek yang digambarkan bandingkan dengan pilihan ini? Semua fitur-fiturnya yang diambil ke dalam pertimbangan, tapi tidak cocok.

Dilihat dari atas, objek jelas tidak memiliki fitur ikan, tapi tampaknya bukan untuk menunjukkan secara eksplisit mechanistic ones.

Tapi bagaimana kalau kita sedikit berhayal seperti gambar di samping , keren juga ya ^^

2 komentar:

  1. ji,gambare iku F-35 made in australia.....

    BalasHapus
  2. Kayaknya memang keinginan manusia untuk terbang memang sdh ada dari sejak dulu ya...itu artefak memang masih misterius.

    BalasHapus